nusakini.com--Duta Besar RI Umar Hadi akan selalu hadir dalam wisuda dan sidang disertasi WNI di Korsel pada Universitas Yeungnam. Kedatangan Dubes kali ini (23/08/17) awalnya dimaksudkan untuk menghadiri wisuda doktor Gregorius Rionugroho Harvianto asal Yogyakarta. Namun pada saat yang bersamaan rupanya terdapat 3 mahasiswa Indonesia lain yang diwisuda (S2), yakni Danasesha Paradinda Putra, Rizcha Maulidiya Nurwan dan Sela Jayani.  

Dubes menandaskan bahwa dalam periode kepemimpinannya, KBRI akan hadir dalam setiap sidang terbuka untuk mempertahankan disertasi. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan dukungan kepada usaha WNI dalam meraih gelar tertinggi akademis. 

Dalam kunjungan ke Yeungman university ini, Dubes yang didampingi Minister Counsellor Pensosbud - Diplik, M Aji Surya, dan Sekretaris Satu Riza Wardhana, sempat bertemu dengan 47 mahasiswa Indonesia dan Presiden Universitas.  

"Saya ikut gembira atas kelulusan 4 mahasiswa Indonesia dan berharap agar yang lain merasa terpacu untuk belajar dan lulus segera. Saya senang melihat wajah-wajah mahasiswa Indonesia yang tampak bagus kehidupannya. Tetaplah kompak dan bangun terus solidaritas," ujarnya. 

Bersama Presiden Universitas, Sur Gil-soo, PhD, Dubes membicarakan tentang kemungkinan kerjasama dengan universitas di Indonesia dalam bentuk joint research, joint publication dan pertukaran mahasiswa serta dosen. Dubes juga berharap nantinya terdapat Indonesian corner di universitas swasta dengan rangking 15 di Korea Selatan tersebut.(p/ab)